Belut Budidaya Anda Pertumbuhannya Lambat?

Ada apa dengan belut peliharaan gue ya…? Udah dikasih cacing tiap hari kok masih tetep aja lambat gedenya… kenapa ya..?

Ungkapan diatas adalah salah satu contoh permasalahan yang melanda sebagian besar peternak belut kita terutamanya bagi seorang peternak pemula. Ada beberapa penyebab mengapa belut budidaya lambat pertumbuhannya. Selain karena rendahnya kualitas bibit yang ditebar. Faktor makanan juga dapat mempengaruhi tingkat pertumbuhan belut. Makanan dengan nilai gizi yang seimbang akan mempercepat pertumbuhan belut itu sendiri. Begitu pula sebaliknya, pertumbuhan belut akan terhambat jika nutrisi/nilai gizi yang dibutuhkan belut tidak terpenuhi.

Menurut pengamatan kami selama ini, pertumbuhan belut masih akan terasa lambat jika belut hanya dikasih satu atau dua jenis pakan saja. Hal ini akan berbeda jika dengan pemberian pakan dengan nilai gizi yang komplit, kebutuhan nutrisi belut akan terpenuhi sehingga pertumbuhan menjadi optimal.

Salah satu solusi yang paling tepat adalah dengan menjadikan pelet sebagai makanan utamanya. Bisa menggunakan pelet ikan maupun pelet ayam (511P atau BR-1). Untuk membiasakan belut mau makan pellet, sebaiknya pellet yang akan diberikan sudah dicampur dengan cacahan cacing guna memberikan aroma alami, sehingga nafsu makan belut akan meningkat. Perbandingan antara pellet dan cacahan cacing adalah 1 : 1 dengan jadwal pemberian sehari sekali setiap sore hari.

Namun, permasalahan baru yang timbul dengan penggunaan pelet + cacing sebagai makanan utamanya adalah potensial terjadinya pembengkakan pada biaya pengadaan pakan, mengingat harga pellet dan cacing tidaklah murah. karena itulah, sangat direkomendasikan untuk membudidaya cacing sendiri dua bulan sebelum budidaya belut. Selain itu juga, untuk menghemat biaya sebaiknya pellet juga dibuat sendiri.

Khusus untuk cara budidaya cacing dan cara membuat pellet dapat Anda pelajari pada artikel kami selanjutnya. đŸ™‚

Selamat Mencoba dan tetap berbagi pengalaman untuk kemajuan budidaya belut Indonesia

Tinggalkan komentar